Office :
Jl. M.H. Thamrin 12 Surabaya 60264
Telp. (031) 5684955, 5683021
Fax. (031) 5684955, 5676475

Laporan Kegiatan

PELATIHAN UPGRADING PENGAJARAN EKONOMI MONETER DAN MANAJEMEN PERBANKAN BAGI DOSEN PTN/PTS DI JAWA TIMUR

Dalam rangka meningkatkan wawasan dan pengetahuan Dosen PTN/PTS di Jawa Timur pada pengajaran mata kuliah Ekonomi Moneter dan Manajemen Perbankan, Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Cabang Surabaya Koordinator Jawa Timur telah menyelenggarakan Pelatihan Upgrading Pengajaran Ekonomi Moneter dan Manajemen Perbankan bagi Dosen PTN/PTS di Jawa Timur, pada hari Rabu-Kamis, 27-28 Maret 2019 di Hotel Ibis Style, Jl. Jemursari Raya 110 – 113 Surabaya.

Kegiatan Pelatihan Upgrading ini menampilkan 4 orang pembicara: 

1. Ibu Wulan Agustina Rahayu (Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur)

2. Bapak Dedy Irianto (Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur)

3.Bapak Budi Susetiyo (Deputi Direktur Pengawasan Perbankan, Otoritas Jasa Keuangan Kantor Regional 4 Jawa Timur)

4.Bapak Dr. Abdul Mongid, SE, MA (Konsultan dan Peneliti  Bank dari ISEI Cabang Surabaya)

Menurut Undang-Undang No.14 tahun 2005 tentang guru dan dosen, pasal 1 ayat 2 dan 4 menyatakan bahwa “Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas mentransformasikan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni melalui pendidikan”. Dosen di perguruan tinggi memiliki peran yang sangat sentral dan strategis, karena dosen merupakan salah satu input pendidikan yang paling penting dalam mencetak lulusan yang berkualitas. Untuk mewujudkan peran tersebut, dosen dituntut untuk terus mengembangkan kemampuan dirinya dengan selalu meng-upgrade materi pembelajaran, agar ilmu pengetahuan yang disampaikan oleh dosen kepada mahasiswanya selalu up to date.

Pelatihan yang diselenggarakan oleh ISEI Cabang Surabaya selama dua hari ini dimaksudkan untuk meng-upgrade pengajaran yang dilakukan oleh dosen mata kuliah ekonomi moneter dan manajemen perbankan, dengan memperkaya materi pembelajaran sesuai dengan perkembangan yang terbaru di bidang ekonomi moneter dan manajemen perbankan. Untuk itu, ISEI Cabang Surabaya telah mendatangkan pembicara dari Bank Indonesia (Ibu Wulan Agustina Rahayu dan Bapak Dedy Irianto) untuk menyampaikan paparan tentang hal-hal terbaru yang dilakukan oleh Bank Indonesia dalam mengelola stabilitas ekonomi moneter di Indonesia, yang antara lain terkait dengan topik sejarah uang dan peredarannya, kebanksentralan, inflasi, ekonomi regional dan isu-isu terkini.

Pada bidang manajemen perbankan, ISEI Cabang Surabaya mendatangkan pembicara dari  Otoritas Jasa Keuangan (Bapak Budi Susetiyo) yang akan memberikan paparan tentang aspek-aspek yang terkait dengan manajemen perbankan, manajemen pemasaran bank, dan manajemen perkreditan bank. Selain dari BI dan OJK, ISEI Cabang Surabaya juga mendatangkan  seorang Konsultan dan Peneliti  Bank dari ISEI Cabang Surabaya (Bapak Dr. Abdul Mongid, SE, MA) yang menyampaikan paparan tentang  aspek-aspek yang terkait dengan manajemen likuiditas bank, manajemen aset bank, manajemen risiko bank, dan fintech.

Pelatihan ini diharapkan dapat memperkaya materi pembelajaran yang dimiliki oleh dosen dalam mata kuliah ekonomi moneter dan manajemen perbankan dengan materi pembelajaran yang up-to-date. Melalui pemberian materi pembelajaran yang up-to-date diharapkan akan dapat dihasilkan lulusan yang berkualitas yang salah satunya ditandai oleh penguasaan ilmu pengetahuan yang terbaru.