Office :
Jl. M.H. Thamrin 12 Surabaya 60264
Telp. (031) 5684955, 5683021
Fax. (031) 5684955, 5676475

Laporan Kegiatan

BIMBINGAN TEKNIS PENULISAN ARTIKEL ILMIAH INTERNASIONAL BEREPUTASI

Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Cabang Surabaya Koordinator Jawa Timur telah menyelenggarakan Bimbingan Teknis “Penulisan Artikel Ilmiah Internasional Bereputasi” pada hari Kamis – Sabtu, 22 – 24 November 2018 di Hotel Ibis Style, Jl. Jemursari Raya 110 – 113 Surabaya.

Kegiatan Bimbingan Teknis  ini memiliki beberapa tujuan sbb:

1. Memberikan pengetahuan bagi para peneliti yang belum berpengalaman dalam menulis artikel ilmiah di jurnal  internasional, khususnya bagi dosen/peneliti muda

2. Mengembangkan pengetahuan dan meningkatkan kualitas penulisan artikel ilmiah     bagi para dosen/peneliti

3. Memberikan kiat-kiat dan strategi agar para dosen/peneliti dapat mempublikasikan artikel ilmiahnya di jurnal internasional bereputasi.

Ada 3 orang pemateri dalam workshop ini yaitu: 

1.Prof. Anton Muhibudin

2.Dr. Robbi Rahim

3.Heri Nurdiyanto 

Acara ini diawali dengan sambutan Ketua ISEI Cabang Surabaya, Dr. Eko Purwanto, SE, M.Si pada pukul 08.30 WIB. Usai sambutan Ketua ISEI Cabang Surabaya, dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Prof. Anton Muhibudin  sampai dengan pukul 15.30 dan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Robbi Rahim dan Heri Nurdiyanto sampai pukul 20.00. Pada hari kedua, pemaparan materi dilakukan oleh dua pemateri yaitu Robbi Rahim dan Heri Nurdiyanto mulai pukul 08.00 hingga 20.00. Sedangkan pada hari ketiga, hanya satu orang yang melakukan pemaparan materi yaitu  Robbi Rahim mulai pukul 08.00 hingga 12.45.

Kegiatan ini dihadiri oleh 23 orang peserta dari berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Para peserta yang mengikuti kegiatan ini tidak hanya berasal dari program studi/fakultas ekonomi, tetapi juga dari program studi yang lain seperti kesehatan dan teknik informatika. 

Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa publikasi artikel ilmiah ke jurnal internasional bukanlah hal yang mudah terutama untuk para peneliti muda, pemula dan mahasiswa pascasarjana. Selain penulisan wajib menggunakan bahasa inggris baku dengan ejaan bahasa yang baik dan benar, artikel ilmiah yang didaftarkan di jurnal internasional harus mempunyai kebaruan metode penelitian dan hasil penelitian.

Saat ini, Indonesia relatif ketinggalan dibandingkan dengan negara berkembang lainnya di kawasan ASEAN dalam hal jumlah publikasi artikel di jurnal internasional bereputasi. Banyak faktor yang mempengaruhi permasalahan ini, salah satunya adalah para peneliti kesulitan menyajikan hasil penelitiannya dalam bentuk artikel untuk diterbitkan  di jurnal internasional. Selain itu, banyak peneliti khususnya peneliti muda dan pemula yang belum tahu bagaimana cara mendaftarkan artikel ilmiahnya ke jurnal internasional.

Dalam rangka meningkatkan kemampuan para peneliti dalam  penulisan artikel ilmiah agar dapat diterbitkan di jurnal internasional bereputasi, Ikatan Sarjana Ekonomi Indinesia (ISEI) Cabang Surabaya Koordinator Jawa Timur menyelenggarakan Bimbingan Teknis “Penulisan Artikel Ilmiah Internasional Bereputasi”.